histografi - local wisdom kearifan lokal bupati wakil bupati blora
Visi adalah rumusan keadaan masa depan yang ingin dicapai dengan mendasarkan pada situasi dan kondisi secara menyeluruh. Djoko Nugroho atau Kokok adalah Bupati Blora periode 2016-2021. Arief Rohman sebagai  wakilnya. Kokok berasal dari Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Arief berasal dari Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Mereka menjadi Bupati dan Wakil Bupati karena memenangi perolehan suara pada Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2015.
Pilkada serentak Tahun 2015 melalui tata cara pemilihan langsung. Secara tak langsung, saat memberikan pilihan, setiap pemilih sudah mempercayakan kepada Kokok dan Arief memimpin mereka untuk menentukan langkah pembangunan di Kabupatennya. Dikarenakan jabatannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blora, maka Visi kedua orang ini kemudian dijadikan Visi Pemerintahan Kabupaten Blora. Mendasari segala bentuk penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Blora. Bunyi Visinya : “Terwujudnya Masyarakat Blora yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat”.
Berdasarkan Visi tersebut diharapkan seluruh elemen masyarakat Blora lebih mengoptimalkan seluruh kapasitas yang dimilikinya untuk mewujudkan masyarakat Cepu Blora yang Sejahtera dan Bermartabat. Elemen masyarakat  dimaksud, termasuk di dalamnya unsur Pemerintah Kabupaten Blora. Pengertian secara ekstrim, setiap penduduk Kabupaten Blora seharusnya berusaha mengerahkan kemampuannya untuk mewujudkan masyarakat Blora yang Sejahtera dan Bermartabat. Hanya saja, faktanya, di manapun kesadaran macam ini jarang terjadi.

Penjelasan Visi Kabupaten Blora
Masyarakat Kabupaten Blora Sejahtera adalah seluruh masyarakat Kabupaten Blora yang telah mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. Kebutuhan dasar meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan. Secara layak dan berkeadilan. Kondisi sejahtera ditandai dengan tingginya pendapatan per-kapita penduduk, pemerataan pendidikan bagi masyarakat Cepu Blora, tingginya derajat kesehatan, menurunnya jumlah penduduk miskin, terciptanya iklim investasi, meningkatnya jumlah lapangan kerja di berbagai sector usaha, ketersediaan infrastruktur dasar dan terciptanya kelestarian lingkungan hidup di seluruh Kabupaten Blora.
Masyarakat Kabupaten Blora Bermartabat adalah masyarakat Kabupaten Blora yang memiliki harga diri, tercermin melalui akhlak mulia dan berbudaya. Berakhlak mulia dalam arti mendapatkan kemajuan pada dimensi mental-spiritual, keagamaan dan kebudayaan. Kemajuan ini ditandai dengan terbentuknya masyarakat Cepu Blora yang bermoral dan berkarakter, sebagai wujud kesejahteraan rakyat secara lahir dan batin. Berbudaya dalam artian menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, termasuk di dalamnya hukum kearifan lokal (local wisdom) sebagai cerminan harkat dan martabat manusia. Berbudaya sendiri dapat diartikan dengan aktifitas terus menerus dalam menumbuhkembangkan kualitas hidup ditandai dengan terwujudnya budaya profesionalisme, daya saing, etos kerja dan menghormati hukum. Kebudayaan sebagai sebuah bidang kehidupan menjadi elemen penting menuju masyarakat yang sejahtera. [ Heri ireng – Cepu Blora ]

Artikel Terkait

Cari Blog Ini

Entri Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *